Sabtu, 21 Januari 2012

Penguasaan Mahasiswa Pada Konsep Kalkulus Dalam Memecahkan Soal-Soal Persamaan Diferensial

PENGUASAAN MAHASISWA PADA KONSEP KALKULUS
DALAM MEMECAHKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN
DIFERENSIAL


Oleh: Evi Hulukati


Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Semester V angkatan 2004/2005 yang berjumlah 35 orang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “penguasaan mahasiswa pada konsep kalkulus dalam memecahkan soal-soal persamaan diferensial. Dari pembahasan didapat bahwa penguasaan mahasiswa pada konsep Kalkulus dalam memecahkan soal-soal persamaan diferensial sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis bahwa penguasaan mahasiswa tidak melebihi 70 % yakni hanya 48,57% Artinya 51,43% penguasaan mahasiswa pada konsep kalkulusmasih di bawah 70%. Mengingat begitu pentingnya konsep kalkulus untuk dikuasai mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan diferensial maka penanaman konsep pada mata kuliah kalkulus sebagai mata kuliah prasyarat perlu ditingkatkan
Kata Kunci: kalkulus, persamaan diferensial.

Seiring dengan perkembangan globalisasi, dunia pendidikan di Indonesia terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan kurikulum, dengan maksud agar mampu meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan yang dimaksud di sini adalah mampu bersaing di segala lini kehidupan baik dari segi kualitas dan kuantitas juga kepribadian yang positif.

Perguruan tinggi menyediakan sarana dan prasarana penunjang bagi mahasiswa untuk menggali potensi diri dan meningkatkan prestasi di berbagai jurusan pada perguruan tinggi. Salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi adalah Jurusan Pendidikan Matematika. Pada Jurusan Matematika telah dipelajari sejumlah mata kuliah, termasuk di dalamnya persamaan diferensial yang merupakan pengembangan dari mata kuliah kalkulus.

Mata kuliah ini lebih menekankan pada penguasaan konsep-konsep tentang kalkulus, terutama diferensial (turunan) dan integral (anti turunan). Namun kenyataannya banyak mahasiswa yang kurang menguasai konsep-konsep tersebut, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata mahasiswa pada mata kuliah persamaan diferensial setiap tahunnya menurun. 73%. Ini menunjukkan bahwa penguasaan terhadap mata kuliah prasyaratn masih rendah. Karena hampir 100% dasar atau prasyarat dari persamaan diferensial adalah kalkulus maka nilai di atas belum memadai untuk belajar pesamaan diferensial secara maksimal.

PERANAN KALKULUS DALAM PERSAMAAN DIFERENSIAL.
Persamaan diferensial memiliki kekhususan dibandingkan dengan mata kuliah lainnya. Kekhususan tersebut terletak pada pemakaian kalkulus terutama pada kalkulus diferensial dan kalkulus integral sebagai alat bantu dalam menyajikan serta memecahkan masalah. Hal ini dapat kita lihat dengan jelas dalam pemecahan persamaan diferensial pada bidang fisika, kimia dan bidang teknik. Untuk itu, seorang pengajar harus mampu menghubungkan pokok bahasan persamaan diferensial yang diajarkan dengan pokok bahasan atau konsep kalkulus sebagai penunjang utama dalam memecahkan soal-soal persamaan diferensial. Kalkulus merupakan prasyarat penting untuk menyelesaikan atau memecahkan soal-soal pada persamaan diferensial.

1 komentar

fauziah ulfa 24 Januari 2012 pukul 03.39

Menurut pendapat saya, penguasaan mahasiswa pada konsep Kalkulus dalam memecahkan soal-soal persamaan diferensial sangat rendah. Padahal mengingat begitu pentingnya konsep kalkulus untuk dikuasai mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan diferensial maka penanaman konsep pada mata kuliah kalkulus sebagai mata kuliah prasyarat perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi permasalahan ini, bagi seorang pengajar harus mampu menghubungkan pokok bahasan persamaan diferensial yang diajarkan dengan pokok bahasan atau konsep kalkulus sebagai penunjang utama dalam memecahkan soal-soal persamaan diferensial. Dan yang perlu diingat adalah kalkulus merupakan prasyarat penting untuk menyelesaikan atau memecahkan soal-soal pada persamaan diferensial.

Posting Komentar